Psikologi pendidikan adalah ilmu psikologi yang mempelajari tingkah laku individu dalam konteks pendidikan mencakup proses belajar dan mengajar. Psikologi pendidikan juga merupakan cabang dari ilmu psikologi yang mengkhususkan diri pada cara memahami pengajaran dan pembelajaran dalam lingkungan pendidikan.
Bidang terluas yang dicakup oleh reset pendidikan adalah psikologi belajar. Bapak psikologi pendidikan adalah Edward L. Thorndike dan Charles Hubbard Judd sebagai pionir pada permulaan abad ini. Psikologi pendidikan menjembatani celah antara pendidikan dan psikologi. Ahli psikologi pendidikan perlu terlibat dalam perencanaan kurikulum dan prosedur mengajar-belajar yang didasari ilmu mengenai belajar dan perlu penelitian-penelitian untuk menguji efektifitas prosedur di dalam situasi sekolah. Psikologi pendidikan adalah perkembangan dari psikologi perkembangan dan psikologi sosial, sehingga teori yang digunakan sebagian besar adalah teori psikologi perkembangan dan psikologi sosial.
Psikologi sekolah berperan diakibatkan oleh dirasakannya kebutuhan pelayanan psikologi di sekolah-sekolah. Pelayan psikologi di sekolah tidak berbeda dengan pelayanan professional di bidang-bidang lain, kecuali penekanannya adalah dapat tercapainya tujuan pendidikan di sekolah. Sebagian besar waktu psikolog sekolah tersita untuk melakukan diagnostic. Termasuk pelaksaan tes, melakukab wawancara siswa,guru dan orangtua yang terlibat dalam pendidikan siswa, onservasi siswa di kelas ,di tempat bermain, dan pada berbagai kegiatan sekolah yang lain, serta mempelajati data kumulatif prestasi belajar siswa-siswa.
Perbedaan mendasar antara psikologi pendidikan dan psikologi sekolah adalah kalau psikologi sekolah merapkan profesi psikologi nya di sekolah-sekolah, kalau psikologi pendidikan kebanyakan bekerja di fakultas-fakultas dalam lingkungan universitas atau institute keguruan, atau lembaga lembaga penelitian dan lembaga pendidikan dan latiahan (diklat). Dan psikologi pendidikan itu banyak mengelola psikologi belajar atau pengukuran dan pengembangan tes prestasi. Sedangkan psikologi sekolah biasanya mengkhususkan pada matakuliah-matakuliah psikologi dasar seperti psikologi perkembangan atau sebagainya.
SUMBER:
Soertalinah, sukadji. Psikologi pendidikan dan psikologi sekolah. 2000. Suksessi: jakarta
Tidak ada komentar:
Posting Komentar