Kalau
secara pribadi alasan saya tidak berkomentar adalah dikarenakan jarangnya saya
membuka Facebook itu sendiri. Sehingga tidak terbaca oleh saya. Dan pada
akhirnya saya mengetahui informasi ini dari teman, dan saya rasa saya cukup
mengerti dan saat mengetahui teman yang lain juga tidak memberikan komentar,
saya merasa tidak masalah jika tidak mengomentari informasi tersebut juga. Namun
jika dianalis dengan teori antara lain sebagai berikut:
Robert
Gagne
Gagne
mengatakan bahwa komponen proses belajar digambarkan dengan S dan R. S adalah
situasi yang member stimulus dan R adalah respon atas stimulus tersebut. Dengan
demikian belajar terjadi bila individu merespon stimulus yang ada. Jika
dikaitkan dengan pertanyaan di atas, sepertinya sebagian besar mahasiswa
psikologi belajar dulunya pernah diberikan informasi oleh dosen (stimulus), dan
merespon dengan tidak acuh atas informasi tersebut(respon), dan ternyata tidak
ada pengaruh besar pada dirinya karena sikap tidak acuh tersebut. Misalnya
dikarenakan ternyata tidak ada teguran dari dosen ketika mahasiswanya tidak
acuh dengan informasi yang diberikan. Sehingga hasil belajarnya adalah ketika
ada informasi yang diberikan oleh dosen, akan tidak masalah jika merespon
dengan tidak acuh. Gagne juga mengenalkan fase generalisasi, dimana apa yang
dipelajari dapat digunakan dalam berbagai situasi lain. Kalau dikaitkan lagi
dengan alasan di atas, hasil belajar tersebut di generalisasikan oleh
mahasiswa, mereka berpikir bahwa jika dulu saat tidak acuh dengan informasi yang
diberikan oleh dosen tidak masalah, jika sekarang melakukannya lagi juga tidak
apa-apa.
Albert
Bandura
Menurut Banduran proses mengamati dan meniru perilaku dan sikap orang lain sebagai model merupakan tindakan belajar (Modelling). Peniruan dapat berlaku hanya melalui pengamatan terhadap
perilaku model (orang yang ditiru) meskipun pengamatan itu tidak dilakukan
terus menerus. Proses belajar semacam ini disebut observational learning. Dari
teori ini saya menyimpulkan bahwa mahasiswa sebagian besar tidak memerikan
komentar karena mahasiswa tersebut telah mengamati dan meniru teman yang lain
yang juga tidak berkomentar di grup. Mungkin pertamanya mahasiswa telah
membaca, lalu karena melihat tidak banyak yang komentar, dia juga jadi meniru
perilaku tersebut.
Piaget
Menurut Piaget, bentuk penalaran merupakan asal muasal logika dan
transformasi dari penalaran lain. Dan menurutnya, kita memiliki skema
masing-masing pada diri kita terhadap suatu hal yang bisa mempengaruhi tindakan
kita. Berkaitan dengan teori ini, dimungkinkan penalaran mahasiswa saat membaca
informasi di group membuat mereka merasa sudah mengerti dan merasa tidak ada
masalah yang ditemukan sehingga merasa tidak perlu untuk berkomentar lagi.
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapus