Group Micro Teaching
Koor: 10027 Reza Yoga PratamaMember:
10036 Melva Safira
10006 Muhammad Fadly
10037 Karin Natalia A
10062 Raja Maspin
10071 Yulian Astri
10051 Deepraj Kaur Sandhu
Pendahuluan
Pendidikan
pada dasarnya merupakan salah satu alat untuk memajukan kehidupan
seseorang. Pada zaman sekarang ini, pendidikan bukanlah lagi menjadi
kebutuhan sekunder, melainkan menjadi kebutuhan primer, karena orang
tanpa pendidikan sekarang ini akan mendapat kedudukan rendah dalam
masyarakat. Jadi, dapat disimpulkan bahwa pendidikan itu memegang peran
penting dalam membentuk pribadi yang sukses. Pendidikan bukan hanya
sekedar proses pentransferan ilmu, melainkan juga termasuk di dalamnya
proses pembentukan pribadi yang berkualitas. Pribadi yang berkualitas
dipandang bukan hanya seberapa banyak ilmu yang dia peroleh, melainkan
juga dapat di pandang dari kreatifitas, kepribadian, serta kemampuan
problem solving dan adaptasi seseorang.
Sekarang
ini, pendidikan merupakan hanya proses pentransferan ilmu, tidak lagi
menjadi proses yang mendidik. Guru merasa kewajibannya sudah selesai
apabila dia sudah menyampaikan pemikirannya, tanpa memandang bagaimana
anak tersebut. Bahkan, anak TK sekarang ini sudah diberikan pelajaran
selayaknya anak di Sekolah Dasar. Pembelajan Seni sudah menjadi misi
optional dalam proses pendidikan sekarang ini. Menyanyi, menggambar,
melukis, serta kegiatan yang dapat membantu pembentukan kreatifitas
siswa perlahan-lahan mulai diabaikan. Padahal, kreativitas merupakan
salah satu factor penting penentu kualitas seorang anak.
Berdasarkan
hal tersebut, kelompok ini melakukan Micro Teaching pada sebuah Tk,
untuk melihat serta berusaha menyampaikan pesan kepada Pendidik dan
Peserta didik bahwa Pembelajaran berwujud seni merupakan salah satu
aspek penting dalam pendidikan anak.
B. Landasan Teori
Landasan teori yang digunakan dalam proses micro teaching ini adalah :
a. Teori
Pengajaran Pedagogi Modern, mengatakan bahwa pengajaran bukan hanya
proses transfer ilmu, melainkan juga proses transformasi, merangsang,
dan membangkitkan kreatifitas siswa.
b. Pendekatan
4P, yang memandang bahwa kreatifitas dibentuk berdsarkan empat critical
factor, yaitu Pribadi, Proses, Press, dan Product.
c. Pedagogi
Ideal-Spiritual Karakteristik, mengemukakan mengenai pembentukan
kepribadian yang ideal bukan hanya berdasarkan keilmuan semata,
melainkan juga berdasarkan factor spiritual dan Kreatifitas seseorang.
d. Pendekatan
Learner – Centered, mengenai proses pendidikan berada pada tangan
peserta didik, dimana peserta yang menjadi focus utama dan berperan
aktif dalam proses pendidikan.
C. Alat dan Bahan
Alat dan Bahan yang digunakan dalam proses Micro Teaching adalah :
1. Kamera Digital
2. HP (Merekam Video)
3. Crayon Berwarna
4. Kertas Origami
5. Kertas Gambar
6. Reward
D. Peserta Micro Teaching
Peserta
Micro Teaching adalah Siswa TK Kartika Jaya 2-20 Kesatuan Angkatan
Darat , di Jalan Karya Jaya Medan. Anak TK yang menjadi peserta Micro
Teaching adalah anak dari Kelas B yang memiliki usia berkisal 5-6 tahun.
E. Rencana Kegiatan
Rancangan kegiatan yang akan dilaksanakan pada TK tersebut adalah :
1. Perkenalan antara Mahiswa Micro Teaching dengan murid-murid Tk.
2. Bernyanyi bersama-sama sebagai permulaan pelaksanaan kegiatan.
3. Menggambar bersama dengan peserta didik.
4. Mengajar anak melakukan permainan Lipat Origami.
5. Bermain tebak-tebakan kata dengan peserta Micro Teaching.
6. Pembagian Reward kepada adik-adik sebagai penutup kegiatan.
F. Rancangan Jadwal Kegiatan
1. Diskusi TK Sabtu, 7 April 2012
2. Diskusi mengenai konsep yang digunakan Sabtu, 7 April 2012
3. Observasi ke TK Kartika Jaya Senin, 9 April 2012
4. Proses Micro Teaching Senin, 9 April 2012
5. Pembahasan mengenai M.Teaching Senin, 16 April 2012
6. Pembuatan Laporan Micro Teaching Jumat, 20 April 2012
7. Posting Hasil Micro Teaching Sabtu, 21 April 2012
Tidak ada komentar:
Posting Komentar