Rabu, 10 Oktober 2012

Review Hasil Perkuliahan Berdasarkan Teori Skinner


Hari ini Bu Dina mengetes teori Skinner itu sendiri dengan para mahasiswanya. Pertama-tama Bu Dina memberikan kami 3 jenis kertas yang jenisnya berbeda-beda. Yang pertama kertas dengan bentuk segi panjang dan sedikit keras, yang kedua kertas persegi yang merupakan sebuah sertifikat dan yang terakhir sebuah kertas HVS kosong. Pertama tama Bu Dina memberikan instruksi kepada kami untuk melakukan apa saja yang kami mau dengan kertas-kertas yang ada untuk diciptakan menjadi produk dan mengembangkan kreativitas kami. Instruksi Bu Dina merupakan stimulus diskrimintatif karena termasuk kepada perintah verbal. Lalu ketiga kertas tadi merupakan stimulus yang diharapkan dapat menguatkan respon kami untuk melakukan sesuatu dengan kertas-kertas tersebut. Saat melakukan instruksi, Bu Dina juga sempat mengatakan akan memilih beberapa yang terbaik nantinya. Hal ini sudah termasuk ke penguatan positif, dimana diharapkan akan menguatkan respon/perilaku yang positif pula atau respon yang sebenarnya diinginkan. Dari stimulus yang diberikan itu, kami masing-masing mahasiswa mengembangkan pikiran kami sendiri, mengembangkan kreativitas kami dan akhirnya mengubah itu semua menjadi perilaku. Dalam hal ini perilakunya adalah segera membuat produk dari hasil pemikiran kami. Ini juga sesuai dengan teori Skinner yang mengatakan bahwa belajar bukanlah melakukan tapi belajar adalah mengubah apa yang kita lakukan. Lalu setelah mengubah apa yang kita lakukan menjadi sebuah produk, dipilihlah produk-produk yang dianggap terbaik, seperti yang sudah dikatakan oleh Bu Dina di awal tadi. Dan mereka yang terpilih diberikan reward sebagai penghargaan. Ini juga kuat kaitannya dengan teori Skinner yang mengatakan reward bisa diberikan sebagai penguatan untuk menampilakn perilaku yang diinginkan.

Berikut merupakan hasil dari kreativitas saya terhadap stimulus (kertas) yang diberikan:

---> ini hasil kreativitas saya dari sebuah stimulus kertas persegi yang akhirnya saya bentuk menjadi sebuah dompet kecil.








---> ini merupakan hasil kreativitas saya dari sebuah stimulus HVS kosong yang akhirnya saya bentuk menjadi seekor burung dan diberikan gagang pada bawahnya agar bisa lebih mudah untuk di main-mainkan. 

---> ini merupakan hasil produk saya dari bahan kertas persegi panjang yang akhirnya hanya saya buat menjadi kartu ucapan selamat ulang tahun. Sederhana, tapi tetap bisa dipergunakan :)













Dari kesimpulan semuanya, kelas hari ini telah menerapkan beberapa teori dari Skinner, di antaranya mengenai stimulus diskriminatif, penguatan positif dan reward :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar